Belajar menjadi Technopreneur

Perkembangan dunia teknologi informasi seperti menjadi angin segar bagi para pelaku entrepreneur dan Technopreneur sebagai referensi penggalian ide dan gagasan karena ditahun 2012 saja pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta pengguna dan menempati peringkat 8 dunia sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak. 89 persen pengguna internet mengakses menggunakan ponsel, dan sekitar 57 persen pengguna internet menggunakan perkembangan teknologi ini untuk belanja online. [sumber: http://wartaekonomi.co.id/berita8752/89-pengguna-internet-indonesia-menggunakan-mobile.html]

Ide-ide baru tercipta didalam Technopreneur dewasa ini tidak seperti awal-awal adanya teknologi namun mereka yang memulai dahulu kini sudah sukses seperti Bil Gates dengan usaha Software Microsoft, linus Trovaldi dengan usahanya menemukan ide software open source Linux, dan di Indonesia Ono W Purbo dan Michael Sunggiardi yang menemukan gagasan tentang warung internet (warnet), Internet RT/RW dan majalah Neotek dan masih banyak lagi.

Ide-ide baru kini bermunculan menyesuaikan keinginan konsumen atau politik yang bergejolak di Negara yang kita cintai ini, seperti banyak bermunculan website-website penyedia toko online, atau website penyedia pemasangan iklan gratis serta banyaknya website jasa pembuatan website toko online serta  inovasi teknologi baru yang mempermudah masyarakat dalam menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Persaingan Technopreneur di Indonesia masih minim meskipun perkembangan dunia teknologi kini sudah tidak bisa di bendung maka untuk menjadi Technopreneur di Indonesia masih terbuka lebar, karena kita hanya butuh sebuah ide yang tentunya sesuai dengan karakter keahlian kita, misalnya profesi kita adalah Guru maka ciptakanlah sebuah inovasi yang memanfaatkan perkembangan dunia teknologi untuk kemudahan dalam mentransfer ilmu, tentunya pemikiran kita yang tertuang dalam sebuah produk perpaduan dunia teknologi dan itu berguna bagi masyarakat luas, maka akan ada harganya.

Selain ide atau inovasi baru, karakter yang harus kita pelajari lagi adalah kejelian kita dalam melihat sebuah medan usaha yang akan dihadapi. Seperti yang pernah saya dengar dalam acara seminar entrepreneur “untuk memenangkan perang kita harus mengerti celah dan kondisi medang perang itu” dengan kita mengerti medan yang akan dihadapi kita akan leluasa menjalankan ide dan strategi-strategi matang yang kita buat.
Untuk mengetahui medan dalam menjalankan profesi sebagai Technopreneur kita harus memilih dan mengetahui se detil-detil nya mengenai keahlian yang akan kita pilih, serta mengetahui keinginan masyarakat dengan keahlian yang kita pilih. Misal :
  1. Dalam bidang Energi : buatlah Inovasi teknologi di bidang energi baru dan terbarukan, pengolahan energi, energi efisiensi dan teknologi pendukungnya.
  2. Dalam bidang Air : buatlah Inovasi teknologi di bidang pengolahan air bersih atau air minum, distribusi air dan teknologi turunannya.
  3. Dalam bidang Teknologi Informasi : buatlah Inovasi teknologi di teknologi informasi dan komunikasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara langsung.
  4. Dalam bidang Pangan & Pertanian : Inovasi teknologi di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan pengolahan pangan.
  5. Dll
Ketrampilan dan ilmu pengetahuan serta kegigihan adalah dasar kita dalam ber technopreneur.

Setelah kita mempunyai pemikiran akan ide inovasi serta kejelian, langkah selanjutnya adalah mencari peluang, bagaimana menemukan peluang yaitu dengan cara menganalisis keluhan seseorang atau masyarakat, peluang bisa didapat dari sebuah keluhan. “dulu sebelum saya menjadi teknisi komputer, pikiran pertama setelah lulus dari sekolah menengah pertama adalah mempunyai ketrampilan entah itu ketrampilan apa, dan disitu saya memutuskan untuk masuk sekolah kejuruan saya mengambil jurusan Audio video. Setelah saya lulus dari sekolah kejuruan disitu saya melihat peluang yang ada dalam bisnis komputer karena pada tahun 2007 komputer di daerah masih menjadi barang istimewa bukan kebutuhan, dan benar komputer kini menjadi kebutuhan bukan lagi barang istimewa semakin banyak orang memakai komputer didaerah saya, semakin banyak pula orang yang akan beli komputer dan serrvis komputer mereka yang rusak entah itu softwarenya atau penambahan piranti lain”.

Selain karakter-karakter diatas untuk menjadi Technopreneur sejati adalah ketekunan dan tidak gampang menyerah, kegagalan selalu dialami oleh orang-orang sukses dan pasti anda sudah tau kalau untuk menjadi sukses kita juga harus gagal, namun meskipun begitu kita harus berusaha agar kegagalan itu bisa seminim mungkin dengan cara manajemen-manajemen diatas. Menurut saya kegagalan itu suatu keharusan dalam berusaha namun menanggulangi juga suatu keharusan dalam berTechnopreneur coba kita lihat sejenak kisah orang-orang sukses seperti kisah “Walt Disney (pendiri Disney Land), awalnya dipecat karena kurang imajinasi dan tidak punya ide. Bisnis awalnya juga bangkrut. Dengan kegigihan serta semangatnya yang tinggi akhirnya berhasil membangun kerajaan hiburan yang penuh imajinasi. Henry Ford (pendiri perusahan mobil Amerika, Ford), bisnis pertamanya gagal dan 5 kali bangkrut sebelum berhasil membangun Ford Motor Company. JK Rowling (Penulis buku Harry Potter), sebelum buku Harry Potter menjadi sukses luar biasa di seluruh dunia, ia miskin, depresi karena cerai dan naskahnya ditolak oleh berbagai penerbit. [Sumber : htp://id.jobsdb.com/id/EN/Resources/JobSeekerArticle/kegagalan_memang_harus_terjadi?ID=1311].” Dan masih banyak lagi.

Konsep selanjutnya untuk menjadi Technopreneur adalah manajemen keuangan yang bagus, kalau kita awam atau pemula dengan menejemen keuangan atau bisnis Technopreneur kita, kita bisa menggunakan flow Chat laporan keuangan, mungkin itu bisa sedikit membantu karena saya pernah memakai itu, setidaknya itu akan membuat anda tau posisi keuangan anda sehingga menjadi dasar dalam mengambil keputusan.

Namun apabila anda ingin menjadi master dari segala bisnis administrasi anda harus belajar di MBA ITB disitu banyak ilmu yang diajarkan dalam menjadi pembisnis yang handal serta menjadi Technopreneur yang ulet dan ilmu-ilmu yang akan menjadikan anda kaya dan bermartabat.

Kesimpulannya : Bahwa Negara kita sangat kaya dan perkembangan teknologi informasi adalah jalan kita dalam ber Technopreneur, namun untuk menjadi sukses dalam ber Technopreneur kita harus menerapkan konsep-konsep diatas seperti pencarian ide-ide yang masih baru dan itu sangat disukai masyarakat karena sesuai dengan keluhan-keluhan masyarakat, kita harus mengingat bahwa pelaku technopreneur di Indonesia masih sedikit maka untuk menjadi technopreneur persaingannya belum begitu banyak dan itu adalah poin kita.

Selain penggalian ide adalah inovasi yang sesuai dengan keahlian kita dan kejelian menjadi hal utama dalam menggali dan mencari inovasi yang ada dilapangan karena inovasi juga harus digabungkan dengan peluang.

Karakter pribadi juga sangat menentukan keberhasilan dalam ber Technopreneur seperti ketekunan, tidak gampang menyerah, rajin, mental yang tinggi, dan pentang menyerah kalau gagal dan terakhir adalah Manajemen keuangan yang bagus.

Sekian semoga bermanfaat dan selamat ber Technopreneur


ACARA INI DISELENGGARAKAN OLEH

http://www.sbm.itb.ac.id/mba


Facebook : https://www.facebook.com/pages/Mba-Itb-Blog-Competition/122966194553521?ref=ts&fref=ts




Disclaimer  
I hereby declare that my article entitled "Belajar menjadi Technopreneur" is a work of its own and has not been submitted in any form to any competition or social media posting. Sources of information derived or quoted from published and unpublished works from other authors mentioned in the text. If I am caught doing plagiarism or any other cheating attempt. I am ready for the consequences, as my winning rights are revoked.
Semarang, 30 April 2013

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
encun

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
76 Blogger Comments
Facebook Comments
Jumat, 05 April 2013 pukul 09.45.00 WIB ×

blom kepikiran nih kang ,, ehehe

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 09.45.00 WIB ×

NICE INFO GAN.................

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 09.46.00 WIB ×

mantap gan , tapi ane masih blom kepikiran kesana ,, ehehe

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 09.58.00 WIB ×

Yah setidaknya dengan kita menjadi blogger kita harus mengkampanyekan Tecnopreneur gan .... bener ndak ...? agar banyak bermunculan Technopreneur2 muda di indonesia.

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 10.15.00 WIB ×

thanks gan support semangatnya.......... mantab :)

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 11.28.00 WIB ×

Ternyata benar, kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda. Tetap semangat!!

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 12.26.00 WIB ×

Wah infnya keren mas. Makasih ya, nice posting

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 13.55.00 WIB ×

KUNJUNGAN KABAR HOAX OFFICIAL-

waw,, nice bro, thx uda share

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 14.26.00 WIB ×

Terimakasih gan tetap semangat untuk memajukan perekonomian Indonesia

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 14.54.00 WIB ×

wah bermanfaat ni postinganya. sipa broo keep post :D

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 15.06.00 WIB ×

artikel yang inspiratif gan, nice post.. :)

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 15.15.00 WIB ×

Seandainya saya bisa mengikuti kecanggihan terknologi, mungkin saya bisa jadi Technopreneur, tapi sayangnya saya sangat sangat out of date..

suksess yaa.

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 15.38.00 WIB ×

Terimakasih komentarnya gan ...? dengan sedikit pengetahuan mari ciptakan Technopreneur muda yang banyak agar Indonesia semakin maju

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 15.56.00 WIB ×

Makasih gan ..... langsung aja kita praktekin yuuuk ... setuju ndak gan ..?

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 16.55.00 WIB ×

waw keren tips nya kpan2 aja dah ane praktel,comeback

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 21.04.00 WIB ×

Bagus nih artikel, sangat bermanfaat, makasih om ^_^ prakteeeeeeeeeeeeeek :D

Balas
avatar
admin
Jumat, 05 April 2013 pukul 22.16.00 WIB ×

Betul juga, kita harus menjadi technipreneur sesuai dengan bidang studi yang kita tekuni

Semoga sukses lombanya.

Balas
avatar
admin
Anonim
Jumat, 05 April 2013 pukul 23.57.00 WIB ×

wah ane pengen jadi technopreneur gan

Balas
avatar
admin
Sabtu, 06 April 2013 pukul 08.22.00 WIB ×

Mantap ramai komentarnya.Semoga tambah sukses.

Balas
avatar
admin
Senin, 08 April 2013 pukul 09.05.00 WIB ×

Makasih gan dah berkunjung....? TKP ke blog agan2 semua ...? Semoga kawan2 blogger pada tertarik dengan technopreneur .......

Balas
avatar
admin
Senin, 08 April 2013 pukul 16.12.00 WIB ×

keren sob,,mesti kurang ngerti apa itu technopreneur

Balas
avatar
admin
Senin, 08 April 2013 pukul 16.15.00 WIB ×

Technoprener, ya usaha baru yang memanfaatkan perkembangan dunia technologi. semua bidang. he he he e

Balas
avatar
admin
Selasa, 09 April 2013 pukul 08.07.00 WIB ×

Oke gan sama-sama makasih dah berkunjung dan membaca artikelku ......

Balas
avatar
admin
Selasa, 09 April 2013 pukul 11.02.00 WIB ×

Thanks sob informasinya :D

kunjungi sob : www.ibayshare.blogspot.com

Balas
avatar
admin
Selasa, 09 April 2013 pukul 11.55.00 WIB ×

Oke makasih dah berkunjung gan ...?

Balas
avatar
admin
Anonim
Selasa, 09 April 2013 pukul 12.33.00 WIB ×

terima kasih atas informasinya, karena telah menambah wawasan saya dalam menjadi technopreneur, sukses selalu mas.

kesini juga yah mas http://menyereading.blogspot.com

Balas
avatar
admin
Anonim
Selasa, 09 April 2013 pukul 13.57.00 WIB ×

Oke mas rahmat, terimakasih sudah berkunjung di blog ane ya gan ..? semoga bermanfaat luas.

Balas
avatar
admin
Selasa, 09 April 2013 pukul 14.10.00 WIB ×

jaman semakin maju. teknologi semakin medern. memungkinkan untuk mengoptimalkan usaha lewat teknologi yang ada seperti internet. artikel yang bagus sob.

Balas
avatar
admin
Selasa, 09 April 2013 pukul 14.21.00 WIB ×

Makasih sob... tetap berkarya dan berusaha memanfaatkan perkembangan teknologi ...

Balas
avatar
admin
Selasa, 09 April 2013 pukul 18.35.00 WIB ×

Artikel yg bagus sob. Harus manfaatkan perkembangan teknologi dengan bijak. .

Balas
avatar
admin
Selasa, 09 April 2013 pukul 19.10.00 WIB ×

bner bnget gan
cz seiring bertambahnya umur kita harus menetapkan sebuah pilihan yang harus kita tekuni :D
http://ariharyadiadi.blogspot.com

Balas
avatar
admin
Rabu, 10 April 2013 pukul 08.38.00 WIB ×

@wahyu ... bener sob ...? Semangat tetap berkarya .... terimakasih atas kunjungannya

@Ari haryadi : yup ... keputusan itu ada pada diri kita sob ..?

Balas
avatar
admin
Anonim
Kamis, 11 April 2013 pukul 13.56.00 WIB ×

wow terima kasih tipsnya bro :)
bermanfaat'

comeback

Balas
avatar
admin
Kamis, 11 April 2013 pukul 14.10.00 WIB ×

Oke gan makasih ... langsung TKP

Balas
avatar
admin
Anonim
Jumat, 12 April 2013 pukul 09.33.00 WIB ×

kren gan klo gua taunya ono w purbo gan , kren itu orang
comenback ya gan

Balas
avatar
admin
Jumat, 12 April 2013 pukul 09.39.00 WIB ×

Informasi yang bagus gan..

please come to my site too gan.. :)

Balas
avatar
admin
Jumat, 12 April 2013 pukul 10.01.00 WIB ×

Makasih mas yoyo dah visit dan komen ...? TKP langsung ke blog agan ...

Balas
avatar
admin
Jumat, 12 April 2013 pukul 10.03.00 WIB ×

Mas ilfen juga ane langsung TKP nich gan ..?

Balas
avatar
admin
Jumat, 12 April 2013 pukul 10.22.00 WIB ×

selamat pagi kawan
izin nyimak saja gan artikelnya sangat bagus dan menarik..
terimakasih sudah berbagi

Balas
avatar
admin
Jumat, 12 April 2013 pukul 10.35.00 WIB ×

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya
anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi
anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada
waktu saya akan berkunjung lagi.
ditunggu kunjungan baliknya :D
jangan lupa Follow back & Commant back ia
>> http://rizkyadipranata04.blogspot.com/ <<
>> http://cr-04.blogspot.com/ <<
#Semoga sehat selalu :D

ditunggu janjinya gan di blogwakling/kb20

Balas
avatar
admin
Jumat, 12 April 2013 pukul 10.36.00 WIB ×

@agung nugroho ... oke gan ... semoga bermanfaat yah

@rony W

Sama sama .. semoga tidak hanya menyimak tapi juga menjalankan he he he he .... agar bangsa ini tumbuh technopreneur2 muda seperti agan .... MERDEKA!!!!!

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 14.16.00 WIB ×

Kalo saya kebanyakan gagalnya gan....
hehehe

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 14.16.00 WIB ×

Terima kasih mas sudah berbagi ilmunya ^_^

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 14.17.00 WIB ×

Justru banyak gagal itu dekat dengan kesuksesan gan ..? xixixixixi semangat terus pokoknya harus itu ... !!!! Tanks dah mampir gan ..?

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 14.17.00 WIB ×

@Rohmatullah ... oke gan makasih dah mampir ke blog ane ... ane TKP ke blog agan nich

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 14.18.00 WIB ×

mantep nih bang infonya thanks yah bang :D

Balas
avatar
admin
Anonim
Selasa, 16 April 2013 pukul 14.19.00 WIB ×

saya juga gan belajar dari permintaan user akan masalah yang dia keluhkan

mampir ya gan

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 14.21.00 WIB ×

@kang rio : Makasih gan dah kunjungi blog ane ... TKP ke blog agan nich

@Samiyo Dindin : Oke gan .....makasih dah visit ea

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 15.00.00 WIB ×

follow sukses ke 198
follow back yah gan...
www. siibagus. blogspot .com

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 15.07.00 WIB ×

Mas bagus ... Oke gan TKP langsung nich makasih dah visit ...

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 17.17.00 WIB ×

keren aja sob infonya ...

http://software-comput.blogspot.com

Balas
avatar
admin
Selasa, 16 April 2013 pukul 17.24.00 WIB ×

@Informasi terbaru .. makasih gan dah visit, adalah wirausaha yg bermodal teknologi. Kayak kita2 ni kan memanfaatkan perkemlbangan teknologi untuk menyebarkan artikel.

@Imam Losaries : makasih dah visit ane udah komen ke blog agan tu

@rhonal kadir : Makasih gan ...?

Balas
avatar
admin
Rabu, 17 April 2013 pukul 17.07.00 WIB ×

Oke gan ... makasih dah visit yah ......

Balas
avatar
admin
Rabu, 17 April 2013 pukul 17.36.00 WIB ×

yach di jaman yang serba teknologi seperti saat ini, kalau tidak menguasai teknologi sepertinya akan mati kutu... ^_^
Nice share mas... salam

Balas
avatar
admin
Rabu, 17 April 2013 pukul 17.39.00 WIB ×

betul banget gan ... dengan perkembanga teknologi kita bisa memanfaatkannya, dengan begitu kita bisa dikatakan Technopreneur .... semangat.......!!!!!!!

Balas
avatar
admin
Rabu, 17 April 2013 pukul 18.40.00 WIB ×

Masih perlu banyak belajar nih. hehe. nice info sob.
berkenan visit back, comment and follow. :D Thanks

Balas
avatar
admin
Kamis, 18 April 2013 pukul 07.50.00 WIB ×

Makasih gan sudah membaca artikel saya .... oke tkp

Balas
avatar
admin
Kamis, 30 Mei 2013 pukul 11.27.00 WIB ×

artikelnya sangat menginspiratif

Balas
avatar
admin
Kamis, 30 Mei 2013 pukul 11.38.00 WIB ×

Makasih gan ...? semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar Technopreneur yah ... he he he he he

Balas
avatar
admin
Jumat, 31 Mei 2013 pukul 07.30.00 WIB ×

Oke gan silahkan ...... kalau ada yang kurang pas mohon kritik dan sarannya .....

Balas
avatar
admin
Senin, 03 Juni 2013 pukul 16.35.00 WIB ×

Saya rasa sudah cukup penjelasannya agan, tapi untuk kedepannya menjadi Technopreneur bagi yang baru mau memulai saya rasa mungkin agak sulit gan.... yah kita tahulah keadaan ekonomi negara kita sekarang... dalam krisis

Balas
avatar
admin
Senin, 03 Juni 2013 pukul 16.43.00 WIB ×

Masa si gan ..? tapi yang paling penting untuk menjadi Technopreneur menurut saya pertama adalah, ketrampilan dalam bidang IT, yang kedua adalah kemauan yang kuat .... semoga ekonomi di Negara kita terus meningkat yah ...? Dan tetap

SEMANGAT!!!!!!!

Balas
avatar
admin
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger