Langkah-Langkah Bloging Untuk Pemula.

Advertisement
Bagi pemula tentu masih bingung apa saja yang harus dilakukan dalam “ngeblog” atau membuat blog yang nantinya akan menjadi tatapan sehari-hari, atau bahkan ada yang bingung buat apa membuat blog itu. Namun sebenarnya banyak tujuan dalam membuat blog berikut tujuan-tujuan dalam membuat blog :


a.       Menentukan tujuan atau tema blog


  1. 1.      Membuat blog untuk mempublikasikan cerita kehidupan sehari-hari mengenai dirinya. Tujuan ini memang banyak disukai oleh bloger pemula namun tujuan ini hanya  30% disukai oleh publik kecuali outputnya adalah cerpen yang unik atau puisi yang sangat menyentuh.

  2. 2.      Membuat blog karena terpengaruh dengan blog orang lain, saya sering melihat blog-blog model begini, blog-blog yang terpengaruh oleh blog lain bahkan cara penulisannya pun sama. Coba ditebak berapa persen pubik menyukai blog-blog yang seperti ini.

  3. 3.      Membuat blog untuk bisnis online. Biasanya tujuan ini disukai oleh bloger-bloger tingkat mnengah atau tingkat master karena dijaman sekarang sangat diminati bisnis online. Seperti google adsense, bidvertiser, dan lain sebagainya.

  4. 4.      Membuat blog untuk kepentingan membuat tugas. Biasanya tujuan ini dilakukan oleh para guru dan dosen blog jenis ini biasanya hanya akan dibaca oleh siswanya saja tergantung posting yang ia tulis apakah bermanfaat bagi publik atau tidak, kalau hanya tulisan untuk membuat tugas saja publik tidak akan suka.

  5. 5.      Membuat blog untuk kepentingan membuat tugas dari dosen seperti anak jurusan komputer atau anak Teknik. Biasanya blog ini hanya sekali buat lalu ditinggalkan.

b.       Mendaftarkan ke situs pembuatan blog dan membuat template blog sesuai dengan tema blog anda.

Sesudah kita menentukan tujuan dalam membuat blog selanjutnya kita mendaftarkan ke situs pembuatan blog seperti blogspot,wordpress,dll dan langkah selanjutnya adalah menentukan template yang sesuai dengan tema blog kita “catatan : pilihlah template yang paling bagus menurut anda lalu jangan pernah gonta-ganti template “ upayakan memasang template yang SEO Frendly dan tidak terlalu berat karena kalau terlalu berat orang tidak suka berkunjung ke blog kita. Jangan terlalu banyak widget karena hanya akan memberatkan blog kita. Karena berdasarkan pengalaman saya gonta-ganti template hanya akan merusak reputasi ngeblog kita saja, sejak dari tahun 2009 saya mempunyai blog hingga total 10 blog dari akun berbeda yang saya punya namun tidak pernah ada satupun yang saya urus hingga akhirnya sampai tahun 2010 saya tidak ngeblog lagi dan aktif ngeblog lagi tahun 2011, karena tidak pernah puas dengan template blog sampai akhirnya saya bertekat untuk menghapus blog-blog itu dan membuat satu namun terawat dan inilah yang saya rawat hingga sekarang masroqib.blogspot.com. bloeh saja kita membuat banyak blog namun apalah arti sebuah blog tanpa diupdate.

c.       Memulai membuat postingan

Setelah kita puas dengan template serta widget yang kita pasang langkah selanjutnya kita memulai membuat postingan, kalau kita ingin menjadi master bloger salah satu dari cara tersebut adalah membuat postingan secara berkala dan teratur, langkah ini paling jitu dibandingkan dengan trik-trik SEO yang beredar diinternet saya pernah membaca “20 gaya postingan blog“ yang ditulis oleh ---Romi Satrio Wahono--- yang saya download dari ilmukomputer.com informasi sebagai tambahan untuk benar-benar serius dalam dunia menulis. “catatan upayakan apa yang anda tulis bermanfaat bagi orang lain, jangan sekali-kali copas dari artikel orang lain tanpa menyebutkan sumbernya karena google tidak suka dengan duplikat content”

d.       Promosi Blog

Langkah selanjutnya adalah mempromosikan blog kita, baik melalui situs jejaring sosial seperti facebook,twitter google+ dan lain-lain, yang sering saya lakukan adalah blog walking di faccebok silahkan cari nama group di facebook dengan nama blogwalking atau komunitas-komunitas bloger diseluruh dunia dan disitu anda bisa saling follow serta saling coment karena banyak folower serta banyak komentar pada postingan blog kita juga bisa menaikan trafik blog kita serta saling promosi di wal blogwalking cara ini akan sedikit manjur dalam mempromosikan blog kita, kalau anda ingin benar-benar mempromosikan blog anda secara sungguh-sunggu lebih baik di google adword namun google adword adalah penyedia iklan yang berbayar untuk pemula pakai blogwalking dulu saja. He he he he ngirit nanti kalau sudah mendapatkan uang dari ngeblog baru kita promosikan blog kita.

e.       Mendaftar di web master google dan google analisis

Sesudah anda mempromosikan blog anda langkah selanjutnya adalah mendaftarkan di Webmaster Google agar tulisan-tulisan anda cepat diindex oleh google. Untuk mengetahui statistik blog langkah selanjutnya adalah mendaftarkan ke google Analisis agar anda tahu berapa banyak dalam sehari pengunjung blog anda.

f.          Mendaftar di alexa dan sejenis untuk memperbanyak link

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan ke alexa cara ini dilakukan agar link dari blog anda semakin banyak setelah itu submit blog anda ke link generator agar semakin banyak google mengindek conten-conten yang ada di blog anda untuk mencari link generator anda bisa cari diinternet dengan keword link generator.

g.       Memikirkan ide-ide untuk postingan

Setelah semuanya anda lakukan anda tinggal memikirkan ide-ide yang akan anda tuangkan dalam blog anda agar tidak lepas dari karakter blog anda, maksud dari karakter blog adalah tema blog anda apakah itu blog untuk bisnis online apakah blog pribadi apakah blog brain tertentu apakah blog untuk produk-produk anda dan masih banyak lagi namun pada dasarnya sebuah blog tanpa postingan yang berbobot hanyalah HOAXS.

h.       Sering Mengikuti Kontes

Agar blog kita terkenal selain postingan yang baik dan berbobot adalah dengan mengikuti iven-iven blog seperti lomba blog lomba SEO dan lain-lain namun upayakan dari kontes yang anda ikuti tidak keluar dari karakter blog anda.

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
author-photo Ahmad Roqib

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
11 Blogger Comments
Facebook Comments
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger