Teknologi Sebagai Landasan Dalam Menerapkan Proses Pendidkan

Pendidikan adalah kunci kemajuan Bangsa ini, namun kunci yang saya bicarakan adalah kunci yang tepat artinya pendidikan dengan system yang baik sajalah yang bisa membuat Bangsa ini menjadi maju dan kalau system yang diterapkan dalam pendidikan tidak sesuai dengan perkembangan technologi atau perkembangan jaman maka saya yakin pendidikan di Negara ini tidak akan berhasil.

Saya pernah mendengar sebuah kata bijak, kira-kira begini bunyinya “ilmu tanpa iman adalah buta dan sebaliknya iman tanpa ilmu adalah lumpuh” ya saya sangat setuju, mungkin pada tahun-tahun 60an kata bijak yang satu ini tidak begitu nyata karena kalau kita melihat sejarah tahun-tahun itu bangsa ini adalah bangsa dengan pelajarnya yang tekun dan benar-benar belajar dengan sungguh-sungguh demi kemajuan bangsanya dan tidak seperti kebanyakan pelajar di tahun-tahun ini yang lebih banyak tampil di berita kriminal, seperti tawuran, narkoba, berkelahi, dan masih banyak lagi (mungkin pelajar yang tekun dan serius belajar lebih banyak dari pada yang jelek, yah itulah pengaruh negatif teknologi seperti media maka kejelekan sedikit saja akan terekspose oleh orang banyak, itulah konsekuensi negatif yang harus diterima dalam perkembangan teknologi). Kembali pada kata pepatah diatas, kenapa para pelajar jaman dahulu banyak yang berhasil, menurut saya karena mereka mendasari ilmu dengan iman, dan mendasari iman dengan ilmu, karena pekerjaan apapun kalau dilandasi dengan iman maka hasilnya akan baik meskipun dalam pelaksanaanya akan menuai kendala-kendala yang terkadang tidak sesuai dengan karakter orang lain.


Tujuan dilaksanakannya pendidikan di Indonesia adalah seperti yang tersirat dalam Undang Undang nomor 2 tahun 1989 sebagai berikut:

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan , kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.


Perkembangan dunia teknologi saat ini sangat pesat, bahkan saya sendiri ditahun-tahun sebelumnya tidak menyangka kalau perkembangan dunia teknologi cips pintar atau central procecing unit (komputer), teknologi informasi dan internet sungguh sangat cepat.


Dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi baik hardware (perangkat keras) atau software (perangkat lunak) diharapkan pendidikan mampu memenuhi tujuan Undang Undang Nomor 2 Tahun 1989. Karena pada dasarnya teknologi yang sebenarnya dikembangkan untuk memecahkan berbagai maslah atau kendala yang dihadapi oleh manusia dengan cara produktif. (Newhouse 2002). Seperti pemecahan masalah didalam dunia pendidikan yang sudah saya singgung diatas banyaknya tawuran antar pelajar, narkoba dan masih banyak lagi, dengan adanya pendidikan teknologi informasi dan komputer saya yakin kalau penerapanya sesuai dengan perkembangan jaman maka akan memenuhi tujuan undang undang pendidikan.


Permasalahan yang dihadapi pelajar kenapa mereka bisa terjerumus pada hal-hal yang negatif karena kurangnya pantauan kedua orang tua dan kebanyakan dampak psikologis dari lingkungannya, pemanfaatan teknologi informasi dan computer sesungguhnya bisa mengatasi kendala tersebut yaitu dengan cara merubah mainset pada pelajar dalam pendidikan yang mengasikkan dan menyenangankan dengan media yang unik yang dibuat dengan memanfaatkan software dan hardware perkembangan teknologi serta dengan memadukan antara psikologi dan dunia komputer sehingga menghasilkan media yang baru untuk membantu proses belajar mengajar.


Perkembangan dunia teknologi informasi dan komputer tidak hanya bisa dimanfaatkan dari satu jenis pendidikan (khusus) namun juga bisa dimanfaatkan secara menyeluruh itulah kenapa ada yang mengatakan Education Best Technologi dengan kata lain bahwa dunia teknologi informasi bisa menunjang jenis pendidikan-pendidikan lainya seperti pengembangan AI kecerdasan buatan, TEKNOLOGI TERAPAN yang menunjang pendidikan lain namun dengan media komputer atau teknologi yang sejenis menjadikan sebuah ilmu yang informatif, menyenangkan dan gampang diolah oleh akal penerimanya.


Namun perlu diketahui juga bahwa perkembangan teknologi informasi sangatlah luas dan tanpa batas, kita bisa melihat apa saja yang kita mau, baik jelek atau baik untuk perkembangan pengetahuan kita, dan terkadang banyak para pelajar di Indonesia yang belum siap melihat konten atau artikel tidak sesuai dengan norma-norma yang beredar di internet, maka dari itu perlu ada batasan-batasan dan arahan-arahan yang terstruktur agar kendala ini bisa teratasi, karena kalau sisitem dalam pendidikan menghiraukan hal ini akibatnya akan fatal dan pelajar yang akan menjadi korban dari kecil kesalahan yang berada pada system pendidikan.


Kebanyakan dari pelajar di Indonesia adalah pengguna internet, mereka memanfaatkan internet untuk mencari artikel, tugas, dan lain sebagainya untuk menunjang sebuah pendidikan yang sedang di jalaninya, pendidikan dalam hal ini adalah Guru, Orang Tua, dan para pemikir perubahan bangsa menuju bangsa yang lebih baik harus ikut andil dalam mengembangkan dan mencari solusi dari kendala-kendala atau permasalahan-permasalahan baik yang bersifat dampak dari perkembangan dunia teknologi informasi dan komputer atau permasalahan-permasalahan lain yang belum terselesaikan, untuk meneliti, mengembangkan, dan menerapkan sebuah ide-ide rasional menjadikan Education Best Technologi yang berlandaskan pada Undang Undang Pendidikan Nasional dan iman sebagai dasar ilmu yang kuat.


Dalam pemecahan  masalah-masalah yang berada didalam dunia pendidikan dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi seperti penelitian yang dulu saya lakukan di SMP N 02 Weleri, Problem dari proses belajar mengajar TIK disana tahun 2008 adalah tidak menunjangnya perangkat komputer untuk perkembangan dunia teknologi terbaru singkatnya ketika didalam buku ajar sudah diajarkan menggunakan system operasi windows vista namun perangkat yang ada masih Pentium II, III, dan yang saya ingat Pentium IV hanya satu akibatnya proses belajar mengajar tidak maksimal karena masih menggunakan sistem operasi windows ME, dari problem tersebut akhirnya saya memanfaatkan penggabungan teknologi cloning fitur yang ada didalam system operasi Linux Edubuntu 5.10 i3  dan  Windows Server 2003 yang saya sebut jaringan diskless kenapa diskless karena komputer user di cloning dari server dan tanpa menggunakan hardisk tujuannya yaitu untuk memaksimalkan komputer yang ada, jadi meskipun spek komputer dibilang jadul namun performa dan isinya tidak kalah dengan komputer baru pada saat itu, jadi proses belajar mengajar tetap maksmal dan sesuai dengan buku ajar yang ada.


Lihat gambar dibawah ini:



Gambar diatas adalah proses belajar mengajar sebelum  Dibangun Jaringan Diskless namun setelah dibangun jaringan, lihat gambar dibawah ini sehingga proses belajar mengajar lancar dan tanpa kendala.
Pembelajaran dengan didasari dengan teknologi menurut saya sangat penting karena saat ini teknologi informasi adalah jendela berbagai ilmu, kita bisa mencari informasi apa saja yang kita butuhkan, dengan system cerdas yang ada di internet kita juga bisa mendapatkan apa saja yang kita butuhkan.  


Selain perangkat yang harus mendukung, media pembelajaran juga harus dipikirkan untuk proses belajar mengajar yang menyenangkan unik dan baru, seperti model pembelajaran yang dulu saya buat untuk membantu proyek akhir teman saja media pembelajaran menggunakan animasi 2 dimensi flash.
 

Menurut saya model pembelajaran seperti ini sudah pas untuk diterapkan, karena dari segi interface (tampilan) dan informasi yang dijabarkan disana sangat jelas dan unik sehingga siswa dalam hal ini sebagai penerima ilmu bisa dngan gampang mengolahnnya.  


Sekian coretan hari ini semoga bermanfaat selebihnya menjadi inspirasi bagi kita semua untuk turut andail dalam mengembangkan pendididikan yang menyenangkan berbasis teknologi.

Disclaimer  


I hereby declare that my article entitled < Technologi Sebagai Landasan Dalam Menerapkan Proses Pendidkan> is a work of its own and has not been submitted in any form to any competition or social media posting. Sources of information derived or quoted from published and unpublished works from other authors mentioned in the text. If I am caught doing plagiarism or any other cheating attempt. I am ready for the consequences, as my winning rights are revoked. 


Semarang, 3 Mei 2013

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
encun

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
71 Blogger Comments
Facebook Comments
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.03.00 WIB ×

setuju gan,, metode pembelajaran sangat didukung oleh teknologi- canggih sprti sat ini, jd metodanya pun hrs mengikuti perkembangannya.. super sekali kang artikelnyaa..

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.04.00 WIB ×

Kunjungan pagii... bagus gan webnyaa.. sukses selalu

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.05.00 WIB ×

itu sofewere or apa mass, bikinya gmn? bagus bgt

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.11.00 WIB ×

Memang benar! teknologi saat ini tdk akan bisa terlepas dari kehidupan kita, khusus dunia pendidikan teknologi sangatlah dibutuhkan demi mencapai kwalitas dan hasil belajar yg baik. Selain itu juga pendidikan sangat terbantu dengan adanya teknologi, seperti dengan adanya multimedia pembelajaran yg didukung dengan hardwarenya komputer dan laptop.
Belajar zaman sekarang tidak harus dikelas dan didepan guru, belajar sekarang sudah bisa kita nikmati diluar kelas berkat teknologi, diluar kelas kita bisa belajar dan mencari pengetahuan luas melalui internet yang bisa kita akses via telephon, tablet, smartphone atau modem yg tekonek dgn laptop.
Semoga Teknologi negara kita semakin maju dalam membantu kemajuan pendidikan bangsa. Amin.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.14.00 WIB ×

benar, pendidikan adalah satu kunci untuk menjadikan anak bangsa lebih pintar dalam bidang akademik, dan pastinya jika anak didik di berikan materi dan juga diberikan ksempatan untuk mereka belajar dengan teknologi yang canggih akan membuat mereka lebih pintar dan bisa saja mereka terinspirasi dan melakukan lebih banyak hal2 yang menakjubkan.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.38.00 WIB ×

Teknologi ntu bagaikan pisau bermata dua.
Kalau tidak benar dalam penerapan akan membunuh karakter bangsa itu sndiri.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.51.00 WIB ×

Terimakasih gan atas kunjungan dan komentarnya, terimakasih atas referensi Bola Fashion di blog agan .... sangat menarik.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.52.00 WIB ×

@naufal Aziz : Terimakasih sudah berkunjung gan jaket bolanya sangat menarik ...

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.53.00 WIB ×

@opank : Yang atas pakai Linux itu untuk cloning software terbaru pada komputer lawas...

dan yang untuk media pembelajaran itu memakai animasi 2 dimensi.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.54.00 WIB ×

Makasih gan ...atas dukungannya. Semoga bangsa ini lebih maju dengan adanya teknologi. sehingga masyarakat dapat menggabungkan karakternya atau budaya dengan dunia teknologi sekarang

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.56.00 WIB ×

@mbak susan : terimakasih atas dukungannya dan komentarnya. semoga pemerintah bisa lebih jeli dengan perkembangan dunia teknologi sehingga membuat kurikulum yang sesuai dengan minat siswa

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 08.56.00 WIB ×

Wooow mantab sekali gan ....

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 10.29.00 WIB ×

he he he yuk kita semua belajar .....

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 10.35.00 WIB ×

Berkat kemajuan jaman teknologi sudah merambah ke berbagai bidang, termasuk juga pendidikan. Pendidikan sekarang sudah lebih mudah berkat internet dan software media pembelajaran. :D

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 10.43.00 WIB ×

@Remaja Muslim : Betul sekali gan ....? saya sangat setuju maka dari itu kita jangan terlalu meremehkan perkembangan dunia teknologi karena manfaatnya sungguh sangat banyak

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 10.46.00 WIB ×

@Remaja Muslim : Betul sekali gan ....? saya sangat setuju maka dari itu kita jangan terlalu meremehkan perkembangan dunia teknologi karena manfaatnya sungguh sangat banyak

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 10.47.00 WIB ×

@Teknovin : Makasih gan sudah berkunjung.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 11.55.00 WIB ×

maksi gan informasinya!
sekses ya bloqnya

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 13.00.00 WIB ×

benar sekali. maka dari situlah peran guru, keluarga dan lingkungan untuk mengajarkan pemanfaatan internet atau teknologi dengan benar agar para pengguna mampu menyaring indormasi yang tepat dan benar.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 13.04.00 WIB ×

@Salahudin Akbar,

benar sekali. maka dari situlah peran guru, keluarga dan lingkungan untuk mengajarkan pemanfaatan internet atau teknologi dengan benar agar para pengguna mampu menyaring indormasi yang tepat dan benar.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 13.10.00 WIB ×

Kak Ahmat atau kak Roqib, salam kenal ya.

Begini kak saya boleh minta link yang memuat informasi mengenai MMI (Model pembelajaran Multimedia Interaktif.

saya ingin menambah wawasan. Mungkin dapat membantu untuk penyelesaian tugas akhir saya.

Thanks kak,

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 13.11.00 WIB ×

@Rhonall Kadiir : Maksih gan kunjungan dan komentarnya

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 13.13.00 WIB ×

@Anhry chipaz : Makasih gan dah berkunjung semoga bermanfaat bagi kita semua ya

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 13.18.00 WIB ×

@Mie Nurmie : di blog saya ada gan ...? di cari aja di label skripsi .... he he he makasih dah berkunjung .

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 13.28.00 WIB ×

Sekedar koreksi Gan...yang baku itu teknologi bukan technologi..artikelnya keren gan,cuma ane ga gitu ngerti penerapan teknologi dalam pendidikan :D

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 13.56.00 WIB ×

@Trigonal : terimakasih gan masukannya, sangat bermanfaat sekali. terimakasih juga sudah sudi mampir di blog saya, langsung TKP ke blog agan nich kalau ada.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 14.43.00 WIB ×

kunbal dari dwistroi.blogspot.com gan..

- jangan sampai seperti yang ada di lagunya Iwan Fals, bahwa pendidikan adalah anak tiri yang kesepian.
- Maju terus Indonesia.

Sama sekali ku tak anti teknologiTapi aku lebih percaya pada hatiAku tahu listrik penting buat industriTapi industri jangan ancam masa depan (Proyek 13 - Iwan Fals)

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.14.00 WIB ×

proses pembelajaran dengan menggunakan teknologi memang lebih menyenangkan. tidak luput juga akan kesadaran kita akan teknologi karena sudah masuk ke jaman modern.

nice artikel mas.

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.18.00 WIB ×

Nice post, jangan lupa berkunjung balik ke Didin

Blog

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.19.00 WIB ×

wah senangnya punya lab komputer di sekolah apalagi guru nya bersikap tutorial seperti Mas Roqib ini - peserta didik tambah cinta dunia pendidikan deh

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.29.00 WIB ×

mantap...sukses selalu dan jaya untuk pendidikan kita

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.50.00 WIB ×

@kaos iwan Fals : He he he he mantabs gan ....?

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.50.00 WIB ×

@bloger Inspiratif : betul sekali gan ... makasih dukungannya

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.51.00 WIB ×

@Didin Muhidin : Oke gan makasih dah berkunjung

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.53.00 WIB ×

@samsunisarman : he he he .... saya hanya terkadang prihatin melihat sekolah dipelosok yang tidak mengenyam technologi sekarang, padahal sumber daya alam mereka melimpah. sangat cocok untuk dipromosikan di dunia technologi. tetep semangat

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 16.54.00 WIB ×

@sukasmo Kasmo : Makasih pak kunjungan dan dukungannya

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 18.13.00 WIB ×

@A Nur kurniawan : makasih gan atas kunjungannya. saya langsung TKP nich

Balas
avatar
admin
Jumat, 03 Mei 2013 pukul 19.33.00 WIB ×

mantap gan ,, sangat menginspiratif....

Balas
avatar
admin
Sabtu, 04 Mei 2013 pukul 07.58.00 WIB ×

Op Share : Makasih gan ....

Balas
avatar
admin
Anonim
Sabtu, 04 Mei 2013 pukul 08.14.00 WIB ×

kren gan, jangan sampai ketinggalan ama negara lain

Balas
avatar
admin
Sabtu, 04 Mei 2013 pukul 08.52.00 WIB ×

@ilfen : iya betul gan ... kayaknya kita masih sangat jauh ketinggalan dari bangsa lain .. maka dari itu yuk kita selalu dukung bangsa ini menjadi bangsa yang berteknologi canggih ...

Balas
avatar
admin
Sabtu, 04 Mei 2013 pukul 13.13.00 WIB ×

memang betul gan dan saya sangat setuju, tapi kalo menurut saya Indonesia masih belum siap untuk masuk ke teknologi karena tidak semua tempat di negara kita ini punya akses yang memadai. Tapi insya allah kalau pemerintah kita mendukung, pasti negara kita akan menjadi pusat teknologi dunia. amin

Balas
avatar
admin
Sabtu, 04 Mei 2013 pukul 19.10.00 WIB ×

salam kenal semuanya. jgn lupa visit downloadnasyidmp3.blogspot.com

Balas
avatar
admin
Anonim
Sabtu, 04 Mei 2013 pukul 20.59.00 WIB ×

Selamat malam gan... artikelnya bagus. izin kutip sebagian buat tugas skolah...
ditunggu folback sama komentnya :)

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 09.37.00 WIB ×

@Sentra Edukasi dan Informasi : Betul sekali gan , memang belum semua teknologi menjangkau pelosok negeri ini, ya saya berharap pemerintah betul2 memikirkan hal itu agar pendidikan yang merata bisa tercapai. tentu dengan bantuan masyarakat seperti kita para blogger.

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 09.37.00 WIB ×

@sigit : salam kenal juga gan ..... TKP ke blog agan

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 09.38.00 WIB ×

@Onchall : oke gan ... jangan lupa ya belajar terus biar jadi orang pintar. SEMANGAT !!!! TKP Blog agan

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 10.23.00 WIB ×

@Nur Rohmat F : Makasih kunjungannya gan ...

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 11.03.00 WIB ×

@Adhi Blog : makasih kunjungannya gan...?

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 15.11.00 WIB ×

@Admin Roft Share: Makasih gan sudah berkunjung semoga bermanfaat .......

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 15.17.00 WIB ×

@TDC : makasih gan dah berkunnjung ... salam kenal aja

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 22.26.00 WIB ×

Kunjungan malam kang.. itu computer yang rusak udah pada diperbaiki belum.. :)

kunjung balik kang hehe :D

Balas
avatar
admin
Senin, 06 Mei 2013 pukul 22.27.00 WIB ×

nice artikel sob. lanjutkan terus sob.. :)

Balas
avatar
admin
Selasa, 07 Mei 2013 pukul 00.11.00 WIB ×

kreatif mas, metode pembelajaran menggunakan animasi 2 dimensi...
peranan linkungan sekolah dan keluarga memang sangat penting untuk membatasi mereka yang haus informasi pendidikan melalui internet yang tanpa batas...terima kasih telah berkunjung mas

Balas
avatar
admin
Selasa, 07 Mei 2013 pukul 08.40.00 WIB ×

He he he ... sekarang udah diganti semua gan sama yang baru .... itu implementasi tahun 2009 kok .... TKP blog agan .

Balas
avatar
admin
Selasa, 07 Mei 2013 pukul 08.41.00 WIB ×

@android attack : makasih kunjungannya gan ....? makasih dukungannya ....

Balas
avatar
admin
Selasa, 07 Mei 2013 pukul 08.41.00 WIB ×

@buret iya betul sekali gan ...? makasih kunjungannya yah

Balas
avatar
admin
Selasa, 07 Mei 2013 pukul 09.50.00 WIB ×

wahhhh mang teknologi buat siswa sangat harus di kembangkan...
dengan adanya kemajuan teknologi di Indonesia.. bisa membangun suasana baru dengan teknologi bermutu tinggi

Balas
avatar
admin
Selasa, 07 Mei 2013 pukul 09.58.00 WIB ×

@ehwansyah : betul sekali gan ..? bagsa kita akan maju kalau juga pengajar2nya berfikir maju seperti penggunaan2 perkembangan teknologi

Balas
avatar
admin
Selasa, 07 Mei 2013 pukul 10.18.00 WIB ×

benar gan,,
teknologi merupakan pilar penting dlm kemajuan bangsa

Balas
avatar
admin
Selasa, 07 Mei 2013 pukul 10.24.00 WIB ×

Iya gan ..? makasih dah berkunjung yah ...? tanpa teknologi bangsa ini akan terpusruk tertindas oleh bangsa lain .....

Balas
avatar
admin
Jumat, 02 Agustus 2013 pukul 18.22.00 WIB ×

wah artikelnya sangat membangun sekali master, semoga pendidikan bangsa kita lebih maju yah

Balas
avatar
admin
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger