Hack Facebook Berawal dari Hack Email ( waspadalah !!!! )

Belum lama ini seorang teman yang sangat special bilang kepadaku kalau facebooknya dihack oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. foto profilnya diubah dan hal lain juga diubah dia tidak tau sebelumnya karena dia jarang buka facebook, terus anak-anak pada sms sama dia katanya statusnya kok nggilani ( menggila ) 

Setelah ane analisis ternyata benar facebook dia ternyata sudah di hack, kurang tau modus dari dia masuk ke akun temen saya ini, namun aku yakin dia bukan hacker karena dari gelagatnya ternyata dia tidak tau apa-apa bahkan menurut pandanganku dia bahkan tidak tau seluk beluk dunia IT. 

Dari orang yang tidak tau apa-apa alias keminter saja bisa membuka akun orang apalagi yang sudah mahir kayak ane wakwkakwka tentunya itu membuat kita terheran ternyata akun apapun begitu mudahnya disusup oleh orang yang tidak punya kemaluan eh tanggungjawab. 

Dari permasalahan diatas sudah bisa ditebak maksud dari tulisanku diataas. Yaaa bagaimana kita harus menjaga akun kita agar selalu terhindar dari orang-orang semacam itu. Baik saya akan menurunkan ajian pamungkas agar kita terhindar dari permasalahan - permasalahan yang membentang di fikiran anda.
Berikut saya share sedikit pengetahuan mengenai keamanan sebuah akun dan sebuah file.

1. Selamatkan akun anda sebelum terserang
2. Selamatkan file anda 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Langsung saja ya gan..?

1. Protek akun sebelum terserang.

Biasanya sebuah akun jejaring sosial itu akan meminta alamat email untuk konfirmasi pasword, saya ambil contoh adalah yahoo. yahoo ini adalah perusahaan besar didunia, biasanya orang menggunakan layanan yahoo karena membutuhkan alamat email. Setiap kita mengganti pasword atau perubahan profil dll pasti facebook akan mengirimkan sebuah email ke yahoo anda.

Logikanya email adalah protek terakhir dari akun jejaring sosial anda jadi yang perlu kita amankan lebih kuat adalah email. berikut tipsnya 

  1. Ganti pasword minimal 3 bulan sekali 
  2. Link kan emaiil anda dengan nomor hp anda ( supaya ketika kita ubah pasword email, kita akan mendapatkan kode konfirmasi dari yahoo )
  3. Jangan sekali-kali membuat pasword dengan nama atau tanggal lahir
  4. d. Biasanya didalam pembuatan akun email kita akan diarahkan ke halaman membuat pertanyaan dan jawabannya nah di page itu kita harus mengisi pertanyaan yang bener bener orang tidak tau selain kita misal berapakah jumlah rambut kita dll jangan sekali-kali kita isi nama SD kita atau nama SMA kita 
Sementara itu dulu yang standar, namun jika anda adalah instansi yang besar atau perusahaan yang memang khusus menangani data yang memang sangat membutuhkan email ya anda membutuhkan protek yang lebih bagus lagi.

2. Protek file sebelum tercuri  

Terkadang file yang akan kita antar atau kita serahkan kepada tujuan adalah file yang sangat penting tidak hanya penting untuk kita namun juga penting untuk orang lain. karena keterbatasan kita akan dunia curi mencuri file di dunia IT maka terkadang kita tidak berhati-hati untuk menyimpannya. pertanyaannya abagaimana kita terhindar dari orang yang ahli dalam curi-mencuri file kita.

Sebenarnya caranya sangat mudah yaitu dengan kita mengarsif dengan winzip atau aplikasi sejenis namun tidak hanya di zip tapi juga di kasih pasword. 

Namun jika anda adalah instansi besar anda harus menggunakan kode atau kriptografi ( ilmu yang mempelajari tentang sandi sandi ) mengamankan file anda dengan sangat hati-hati.

Sekian tulisan dari saya semoga walaupun sedikit tulisan ini bisa membentu anda yang lagi GALAU karena facebooknya atau akunnya terHACK oleh orang. karena dikala akun kita terHACK kita akan menjadi orang terHOAKS yang pernah ada selamatkan akun anda selamatkan dunia anda selamatkan anu anda .......... Terimakasih







Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
encun

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger