Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Internet dan Penanggulanganya

Sumber gambar: http://bidamalva.wordpress.com
Internet kini sudah tidak seperti pada tahun enam puluhan dimana internet diperuntukkan hanya untuk militer melalui proyek ARPA di Amerika Serikat, pada tahun 2013 ini internet masuk ke semua sektor kehidupan di dunia ini, apapun pekerjaanya, apapun job deskripsinya, dan apapun keahlianya dalam kehidupan sehari-hari kini orang tidak bisa lepas dari internet jika orang tersebut tidak inkgin ketinggalan ilmu yang dibidanginya.

Pada dunia pendidikan dampak Negatif yang sangat jelas kita bisa melihatnya di TV atau berita banyak siswa yang tergoda oleh rayuan orang yang baru dikenalnya lewat situs jejaring sosial hingga mengakibatkan siswa tersebut putus sekolah karena sudah tergoda oleh lelaki itu, tidak hanya itu kalau kita bisa melihat secara detil terkadang jejaring sosial kini sudah mengganggu belajar siswa, kita tau bahwa banyak anak jaman sekarang menggunakan smartphone yang dilengkapi dengan internet dan terkadang fasilitas internet yang ada tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk belajar, untuk mencari ilmu baru tetapi justru kebalikannya. Namun tidak hanya hal negatif saja yang terjadi dampak Positif juga banyak pada dunia pendidikan misalnya baru-baru ini google mengeluarkan google apps for education yang diperuntukkan untuk pelajar misalnya dalam mengerjakan tugas dirumah antara siswa yang satu dengan yang lain bisa berkolaborasi dalam satu page lewat google document tidak perlu berkumpul cukup didepan internet saja sudah bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dan masih banyak lagi hal-hal positifnya.


Pada dunia pencari kerja hal Positifnya adalah banyak calon pencari kerja yang sangat terbantu dengan situs lowongan pekerjaan mereka bisa memilih sesuai keahlian mereka hanya lewat internet tidak perlu lagi melamar sana melamar sini tanpa ada informasi, dampak Negatifnya adalah saya mendengar banyak perusahaan tidak menerima karyawan yang sering update status pada situs jejaring sosial, jadi perusahaan mengetahui detil pelamar kerja lewat internet. 

Pada dunia perdaganyan, dampak Positfnya adalah banyak pedagang yang dimudahkan untuk mendapatkan pembeli lewat internet, juga dimudahkan untuk tidak perlu membuat ruko yang sekarang harganya melambung tinggi apabila itu ditempat-tempat strategis kini pedagang cukup membuat situs toko online saja sudah bisa menjajakan dagangannya. Dampak Negatifnya adalah masih banyak penipuan yang terjadi di internet dalam dunia perdagangan. 

Dari dampak Negatif dan Positif diatas bisa kita simpulkan selain kita memanfaatkan internet dengan maksimal kita juga harus hati-hati dalam menggunakan internet mengingat pengguna internet kini sudah dari berbagai elemen dan tentu dari setiap element tersebut mempunyai tujuan, karakter, dan sifat yang berbeda-beda maka dari itu kita harus mencegah yang berikut ini:

  1. Terlalu percaya pada orang yang baru kita kenal lewat internet
  2. Terlalu mudah untuk memberikan informasi-informasi data diri kita 
  3. Tidak takut menulis status yang berbau sara, menyinggung orang dan lain sebagainya
  4. Mengunggah gambar-gambar senonoh, pornografi dan lain sebagainya tanpa di filter untuk usia tertentu. 
  5. Memanfaatkan situs jejaring sosial untuk hal yang tidak begitu penting 
  6. Menipu orang lewat perdagangan internet
  7. Internet untuk menjatuhkan komunitas atau orang tertentu.
  8. dan masih banyak lagi 
Hal-hal diatas harus kita cegah dan kebalikaan dari point-point diatas harus kita laksanakan dalam kita menggunakan internet, sehingga kehidupan kita menjadi tentram, bertambah ilmu dan lain sebagainya. sekian semoga catatan ini bermanfaat. 

Artikel ini disertakan dalam Kontes Ping Si Hacker Pink

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
encun

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
5 Blogger Comments
Facebook Comments
Anonim
Kamis, 21 November 2013 pukul 11.41.00 WIB ×

Blog telah kami daftarkan. Terima kasih atas keikutsertaannya. Salam dari Tangerang.

Balas
avatar
admin
Kamis, 21 November 2013 pukul 11.46.00 WIB ×

Banyak sekali kelebihan dari Era Serba Canggih,,tapi dampak negatifnya juga banyak....
Paling banyak yan buka situs" yang dalam tanda kutip.

Balas
avatar
admin
Kamis, 21 November 2013 pukul 11.48.00 WIB ×

Betul sekali gan ... maka dari itu kita harus memanfaatkanya secara maksimal dengan menanggulangi dampak dampaknya.

Balas
avatar
admin
Sabtu, 07 Desember 2013 pukul 10.12.00 WIB ×

2 hal tersebut seperti 2 sisi mata uang ya pak. tidak bisa dipisahkan ada positif dan negatif. Tergantung kita menyikapinya

Balas
avatar
admin
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger