Optimalisasi komputer berspesifikasi minumum menggunakan jaringan diskless ( Linux Edubuntu )

Advertisement
Saat ini banyak sekali instansi sekolah yang tidak optimal menggunakan teknologi komputer, disebabkan karena komputernya yang sudah tua atau generasi lama yang sudah tidak bisa lagi menjangkau perkembangan teknologi yang setiap hari semakin canggih. akibatnya komputer-komputer lama itu hanya menjadi pajangan di dipojok laboratorium komputer mereka. Karena pihak dari instansi sekolah SMP,atau SMA takut untuk menjualnya karena terbilang kategori milik negara, untuk membeli yang baru banyak dari instansi diindonesia yang kekurangan biaya, jangankan komputer, untuk merenovasi gedung saja kadang instansi yang berada di daerah masih kekurangan dana, apalagi yang notabene instansi swasta. 

Melihat permasalahan diatas tentunya kita semua menjadi prihatin, disaat negara kita ini harus bisa mengejar ketertinggalan dunia teknologi dari negara-negara berkembang lainya, sementara itu generasi penerus kita harus menghadapi permasalahan yang rumit yang mereka sendiri tidak tau. dari permasalahan itu ternyata LINUX mampu menjawab permasalahan - permasalahan yang membentang di instansi pendidikan kita. yaitu dengan teknologi tin client atau diskless atau orang mengatakan cloning, di windows ada teknologi ini namun di LINUX lebih hebat karena client yang bisa tanpa hardisk.

A. Teknologi Tin Client Versi Produk Jadi  

Teknologi Tin Client dari prodak jadi menggampangkan user karena kita tinggal colok langsung jadi. namun juga biaya untuk membelinya yang cukup mahal. berikut adalah deskripsi menurut produk jadi.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Apakah yang dimaksud dengan Thin Client ?

Thin Client adalah suatu teknologi dengan memberikan suatu inovasi dengan menggantikan peran CPU pada jaringan komputer pada alat Thin Client. Dalam jaringan ini, hanya dibutuhkan 1 PC sebagai server yang kemudian terhubung dengan router/switch/hub. Kalau biasanya dari hub-hub ini akan mengeluarkan kabel jaringan yang terhubung ke setiap PC sebagai PC Client maka kabel jaringan dihubungkan ke Thin Client. Dengan demikian, mengurangi biaya pembelian CPU dan meningkatkan efisiensi penggunaan 1 PC saja sebagai PC Server.

Thin Client dapat memiliki processor dan dapat diinstal oleh beberapa software yang mendukung tergantung dari jenis dan tipe Thin Client. Melalui Thin Client, memungkinkan 1 PC dapat digunakan bersama-sama hingga 50 user client. Banyak keuntungan dalam menggunakan Thin Client. Yang paling menonjol tentu saja penghematan biaya operasional (biaya pembelian CPU) dan juga penghematan listrik. Tahukah anda... satu PC Sharing hanya membutuhkan daya listrik sekitar 5 watt saja, bandingkan dengan penggunaan PC disetiap komputer client yang dapat mencapai 250 watt per PC.
Sumber dari http://www.next-revolution.com/pc-sharing.html
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

B. Teknologi Tin client versi Linux Edubuntu

Teknologi tin client yang berada dilinux memungkinkan kita untuk belajar lebih jauh mengenai linux atau belajar lebih jauh tentang bagaimana menampilkan windows didalam linux. ada dua cara yang bisa dilakukan dalam cloning ini yaitu :
1. Client ber SO ( Sistem Operasi ) windows
2. Clientr Ber SO Linux Edubuntu.

a. SO Windows 
Disini kita membuat 2 server yang satu berisi linux Edubuntu dan yang satu berisi windows 2003 atau 2007, konekkan linux dan windows 2003, dan konekkan linux dengan client. pastikan kalau memakai teknologi diskless anda menggunakan lancard PXE. 

b. SO Linux Edubuntu
Disini kita hanya membuat satu server dan mengkonekkannya dengan semua client yang ada disitu. 

Setelah kita konekkan server setting pada linux agar boot clien memakai pxe lan card jadi secara automatis client langsung terhubung ke server dan client akan mengeloud ke server sehingga terjadi pos, setelah terjadi pos maka akan tampil linux, nah setelah tampilan linux pastikan linux pada client langsung mengeloud pada windows. jadi tampilan client windows beserta isi isinya. sebaliknya bila tidak memakai windows maka tampilan client berupa linux edubuntu.

PRAKTEK
1. Instal Linux Edubuntu 
2. Instal windows 2003
3. Instal atau pasang 2 lancard pada linux server  dan 1 .pada windows server
4. Pasang juga lancard PXE pada client
5. Konfigurasi linux
6. Konfigurasi windows ( jangan lupa isi program-program pembelajaran pada windows )
7. Pasang kabel utp pada clien sampai ke server linux. dan server linux ke server windows. 
8. Tes "hidupkan 2 server dan hidupkan client"
Kalau tidak bisa boot pxe anda bisa coba boot pake cd. sambil cari tau kesalahan yang terjadi.
Ada yang masih bingung, Kalau masih bingung saya sarankan anda tidak berhenti untuk mencoba apa salahnya bila anda mencoba dan terus mencoba. kalau ingin mahir dalam pembuatan linux anda bisa Kuliah IT Nurul Fikri  
karenena dengan kuliah di sana anda bisa lebih detile tau tentang teknologi ini.

Dijamin anda akan menjadi jago linux tidak hanya teknologi diskless namun juga teknologi lainya yang berada dalam sisitem operasi linux persyaratanya adalah anda rajin dalam mencari ilmu tidak malas - malasan dan tidak gampang menyerah.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai kuliah tersebut anda bisa langsung ke websitnya Kuliah IT Nurul Fikri atau klik poster disamping agar lebih jelas.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat, kritik dan saran bisa komentar dibawah pos ini. terimakasih.




Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
author-photo Ahmad Roqib

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger