Merubah Paradigma Open Source Harus Dimulai Sejak Dini


Tema      : Gerakan Indonesia Go Open Source!
Judul      : Merubah Paradigma O
pen Source Harus Dimulai Sejak Dini
Oleh       : Ahmad Roqib

Sekilas Tentang Open Source : saya mengutip dari http://id[dot]wikipedia[dot]org

Open Source  adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.
Konsep dan definisi
Pada intinya konsep sumber terbuka adalah membuka "kode sumber" dari sebuah perangkat lunak. Konsep ini terasa aneh pada awalnya dikarenakan kode sumber merupakan kunci dari sebuah perangkat lunak. Dengan diketahui logika yang ada di kode sumber, maka orang lain semestinya dapat membuat perangkat lunak yang sama fungsinya. Sumber terbuka hanya sebatas itu. Artinya, dia tidak harus gratis. Definisi sumber terbuka yang asli adalah seperti tertuang dalam OSD (Open Source Definition)/Definisi sumber terbuka.
Pergerakan sumber terbuka dan perangkat lunak bebas
Pergerakan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka saat ini membagi pergerakannya dengan pandangan dan tujuan yang berbeda. Sumber terbuka adalah pengembangan secara metodelogi, perangkat lunak tidak bebas adalah solusi suboptimal. Bagi pergerakan perangkat lunak bebas, perangkat lunak tidak bebas adalah masalah sosial dan perangkat lunak bebas adalah solusi.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Merubah paradigma seseorang mengenai open source memang sulit Apa itu paradigma? Paradigma adalah suatu pola pikir atau cara pikir dalam menghadapi sesuatu. Paradigma juga bisa diartikan sebagai cara berpikir yang telah mengakar pada diri seseorang atau sekelompok orang yang terbentuk berdasarkan kebiasaan – kebiasaan umum (Pop Culture). Paradigma merupakan cara pandang seseorang dalam mengahadapi rentetan kejadian dan pengalaman yang terjadi sepanjang hidupnya. Wikipedia[dot]org , apalagi orang awam yang notabene tidak tau mengenai komputer, bahkan yang saya temui banyak orang yang tidak peduli dan tidak tau mengenai open sourse, yang mereka tau hanyalah membeli komputer dan menggunakannya seperti yang dipelajari disekolah-sekolah atau dipelatihan pelatihan. Dan yang paling memprihatinkan sejak dari smp mereka sudah diajarkan dengan aplikasi-aplikasi yang berbayar serta sistem operasi yang berlisensi, dan yang mereka tangkap dari pembelajaran mengenai open source hanyalah beberapa persen saja dan kebanyakan tidak dipraktekkan mereka justru menggunakan program-program atau software-software yang berlisensi meskipun itu membajak dengan dalih mudah menggunakan, atau paradigma mengenai opensource adalah sulit. Ya mungkin karena tidak biasa, kalau sudah terbiasa menggunakannya pastilah mudah.

Sangat disayangkan bagi mereka yang tidak tahu mengenai produk open source atau produk yang berbayar, karena dari sisi sosial menggunakan prouduk berlisensi tanpa membeli lisensinya seperti mencuri hak orang lain dan didalam agama apapun itu adalah perbuatan dosa, dari segi sosial itu merugikan orang lain karena kita mencuri hak orang lain dan yang paling memprihatinkan lagi banyak orang yang tidak tahu.

Gerakan go open source haruslah dilakukan sejak dini, ya sejak dibangku sekolah, tahun 2010 saya pernah melakukan penelitian disebuah LAB Komputer di SMP N 2 Weleri Kendal dengan judul Optimalisasi komputer berspesifikasi minimum menggunakan jaringan diskless, saya menggunakan linux Edubuntu untuk cloning komputer kategori rendah pentium 3 kebawah tujuannya untuk mengoptimalkan atau menggunakan kembali komputer yang sudah tidak terpakai itu memenuhi kebutuhan kurikulum yang terbaru.

Proses Belajar Sebelum Dibangun Jaringan Diskless
Lihat gambar diatas komputer banyak yang rusak karena sudah jarang dipakai karena lemot dan sering mati.

Sesudah Dibangun Jaringan Diskless

Saya berfikir dalam benak saya tanpa kita bergerak untuk membuat anak-anak itu tahu mengenai open source kita tidak akan bisa melihat Indonesia yang beropen source dan salah satu dari upaya tersebut adalah membuat penelitian mengenai hal-hal yang berhubungan dengan open source.

Untuk merubah paradigma seseorang agar sedikit demi sedikit sadar akan open source maka Gerakan go open source haruslah selalu dikampanyekan saya setuju dengan ILC yang tujuan utamanya adalah membuat orang berfikir ulang mengenai perangkat lunak yang mereka gunakan. Dengan begitu open source bukanlah momok yang sulit seperti yang mereka dalihkan, karena sebenarnya sama saja kita hanya butuh menyesuaikan.

Memang tidak gampang merubah kebiasaan orang, namun kalau selalu dikampanyekan saya yakin sedikit demi sedikit perkembangannya akan signifikan.


Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
encun

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
6 Blogger Comments
Facebook Comments
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger