Macam-macam Beasiswa


Beasiswa memang sungguh penting sekali, disamping membantu meringankan biaya orang tua beasiswa juga mendidik karakter muda untuk bersungguh-sungguh dalam belajar. Namun disaat Pemerintah lagi gencar-gendacrnya memberikan beasiswa bagi siswa-siswa yang berprestasi orang justru banyak kekurangan informasi mengenai beasiswa karena orang belum terbiasa dengan teknologi informasi yang sudah berkembang.
Sebelum saya resign dari pekerjaanku di SMA N 1 Weleri, saya sempet mendapat mandat untuk entri data nilai yang gunanya untuk keperluan database pusat alamatnya data[dot]pdkjateng[dot]com namun keperluan data tersebut ternyata tidak hanya di pdk jateng yaitu pada  snmptn dan bidikmisi.
Ada jalur untuk mendaftar di beasiswa bidikmisi, pertama adalah bidikmisi untuk snmptn jalur undangan yang kedua adalah bidikmisi untuk jalur tertulis dan yang ketiga adalah bidikmisi untuk jalur UM atau ujian mandiri.
Beasiswa bidikmisi diadakan setiap tahun untuk pendaftaran bidikmisi jalur undangan biasanya ada surat dari pusat untuk sekolah dan untuk mekanismenya dari sekolah adalah input nilai dari semester 3,4,5 setelah itu sistem automatis menyeleksi siapa saja yang masuk dalam daftar jalur undangan itu biasanya tergantung dari akreditasi sekolah itu, kalau akreditasinya A maka 50% dari seluruh siswa kelas XII akan masuk untuk jalur undangan namun belum tentu ketrima semua karena masih ada seleksi lagi dari jurusan yang dipilih. Setelah input nilai di snmptn undangan selanjutnya sekolah merekomendasikan siswa yang kurang mampu untuk mengikuti bidikmisi jalur undangan setelah direkomendasi maka siswa akan mendapat kode akses dan pin untuk login snmptn jalur undagan tanpa membeli di bank.
Untuk bidikmisi jalur tertulis mekanismenya hampir sama sekolah merekomendasi siswanya lalu mendapat pin untuk login di snmptn jalur tertulis lalu akan mendapatkan jadwal ujian yang harus dicetak untuk tanda bukti nanti ketika ujian.
Beasiswa bidikmisi adalah beasiswa yang diperuntukkan siswa yang kurang mampu namun mempunyai prestasi baik dalam bidan akademik ataupun prestasi diluar akademik, persyaratanya sangat detail dari foto rumah, luas rumah, foto keluarga, pendapatan orang tua, surat urang mampu dari kepala desa, piagam penghargaan dan masih banyak lagi dan data-data itu harus sinkron dari database sekolah saat pendaftaran siswa masuk kelas X.
Tidak hanya bidikmisi ternyata pemerintah juga menyediakan beasiswa unggulan. Beasiswa unggulan ini pertamakali ada tahun 2006 dilanjutkan 2007 tahun 2008 dan 2009 tidak ada dan dibuka lagi tahun 2010, 2011 dibuka lagi, pada tahun 2006 dan 2007 pendaftaranya di ict kota kabupaten seperti saya dulu mendaftarnya di ICT kendal namun untuk kuliahnya di UDINU. Untuk persyaratannya rata-rata nilai UN 7.5 skor TOFEL 450.

Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
encun

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger