Mempersiapkan Proyek Akhir dan Skripsi Lebih Dini

Proyek akhir menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa semester delapan keatas, karena empat tahun kita belajar akan dipresentasikan dalam satu proyek akhir atau dalam suatu penelitian. Skripsi menjadi sebuah kata yang berwibawa, menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa-mahasiswa abadi, ( jangan tersinggung ya ).
Namun sebenarnya skripsi bukanlah hal yang perlu ditakutkan, kita cukup mempersiapkan lebih dini mengenai apa yang akan kita tulis dan akan kita teliti nanti setelah menginjak semester delapan bagi yang mengambil Strata 1 atau semester enam bagi yang mengambil diploma tiga.
Untuk postingan kali ini saya akan mengulas mengenai skripsi atau tugas akhir, karena skripsi atau tugas akhir kalau tidak diantisipasi sejak dini nanti akan menjadikan momok yang menakutkan, karena dalam pembuatan skripsi pekerjaan kita akan terporsir baik otak, uang, dan waktu yang berjalan semakin cepat dibandingkan dengan semester-semster muda.
Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah :
  •  Mempersiapkan lebih dini kemampuan kita atau ketrampilan kita, sehingga apa yang akan kita tulis nanti pada saat penelitian kita sudah mengetahuinya secara detile.
  • Mencari tahu alur sebuah penelitian biasanya hal ini akan dipelajari dalam mata kuliah metodologi penelitian.
  • Mempersiapkan mental, uang, dan kerja keras karena dalam penelitian kita akan dihadapkan banyak masalah, seperti hardisk yang terformat pada saat presentasi serta laptop hilang ( pengalaman pribadi ) pada saat akan presentasi, atau kita tidak punya suara saat presentasi karena penelitiannya membeli di rental. ( jangan ditiru itu bukan saya )
  • Mencari sumber referensi untuk penelitian anda nanti.
Untuk lebih memperjelas postingan saya kali ini, saya akan sharing sebuah penelitian yang pernah saya jalaini. Ingat penelitian yang bukan hasil dari pemikiran kita sendiri tidak akan memuaskan kita disaat wisuda, sejelek apapun asalkan itu adalah jeripayah kita sendiri itu akan membuat kepuasan tersendiri.
1.       Bab I
Bab I berisi tentang pendahuluan, latar belakang masalah, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan proyek akhir, dan manfaat proyek akhir.

Bab II
Bab II berisi mengenai dasar- dasar penelitian kita, misalkan penelitian kita adalah jaringan maka bab II ini berisi mengenai dasar dasar jaringan. Kalau penelitian kita mengenai perangkat lunak sudah tentu Bab II berisi mengenai dasar-dasar perangkat lunak.

Bab III
Bab III berisi tentang metodologi penelitian, metode-metode apa yang akan kita pakai dalam penelitian kita, ingat bahwa beda penelitian beda juga metodologinya.

Bab IV
Bab IV berisi rancangan dan implementasi penelitian kita, alur-alur yang kita teliti serta hasil baik berupa produk atau hasil jadi serta jasa dan implementasi lain yang berhubungan dengan penelitian kita.

Bab V
Bab V berisi tentang penutup serta kesimpulan jangan lupa juga untuk menyertakan sumber dari tulisan orang lain. Dan menertakan juga pada daftar pustaka. Jangan sekali-kali anda mengutip tulisan orang lain tanpa menyertakan sumbernya apalagi melakukan plagiat, karena itu akan merugikan anda. Banyak orang melakukan plagiat yang non aktifkan menjadi dosen, serta tidak diluluskan dalam sidang, dan masih banyak lagi.  
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
encun

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
2 Blogger Comments
Facebook Comments
Senin, 27 Agustus 2012 pukul 19.45.00 WIB ×

great blog:)loved going through:)
www.bestfactsever.blogspot.com

Balas
avatar
admin
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger