Tradisi Jawa Yang Sudah Mulai Luntur

Advertisement
Era teknologi memang sudah mengubah segalanya, tidak hanya di dunia permainan yang dulu ketika jaman saya masih banyak yang memainkan permainan tradisional kini sudah beralih ke game online, dan permainan-permainan digital lainnya.

Tidak hanya itu budaya atau adat jawa pun kini sudah mulai luntur diterpa jaman, adat yang kita tau menyimpan banyak folosofi, banyak pembelajaran mengenai hidup kini sudah tidak lagi di selenggarakan, misalnya tradisi "dundunan" atau biasanya bayi berumur tujuh bulan. 

Memang adat seperti ini tidak ada dalam dalil islam, namun ternyata adat ini menyimpan folosofi yang dalam. 


Misalkan pada saat bayi selesai ditapakkan ke tanah maka bayi akan di hadapkan pada banyak barang-barang seperti buku, kalkulator, kaca, uang dan masih banyak lagi dan bayi secara tidak sengaja akan mengambil salah satu, dan masyarakat percaya filosofi itu, dan kalau di telaah lagi hal itu adalah do'a agar kelak anak akan menjadi pintar misal dengan mengambil buku.
Tidak hanya itu, pada acara ini juga didaerah saya ada tradisi membagikan uang receh yang di taburkan ke anak-anak kecil, ini bertujuan agar anak-anak senang dan gembira karena mendapat uang walaupun itu receh namun disitu kegembiraanya yang di butuhkan bukan hanya sekedar uang. 

Foto diatas adalah proses rebutan uang receh dengan penuh kegembiraan. tidak hanya itu yang paling penting pada acara ini adalah do'a dan kalau didaerah saya yang memimpin acara ini adalah dukun bayi.

Kegembiraan kepada sahabat-sahabat anak kecil dan kegembiraan orang tua melihat anaknya sudah berumur tujuh bulan dan siap untuk mengikuti proses umur selanjutnya seperti sekolah mengaji dan masih banyak lagi.

Tentu sebagai seorang ibu juga senang dan bangga dengan anaknya yang di asuh dengan hati-hati dan penuh dengan perjuangan dan kini sudah hampir siap untuk beranjak besar. 

Semoga tradisi ini akan terus terjaga dan tidak kalah sama era digital yang kini sudah semakin menjamur, 





Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
author-photo Ahmad Roqib

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger