Tips Mengatasi Kebiasaan Sering Lupa

Sumber gambar :
http://triwidodo.files.wordpress.com/2011/11/artificial_brain.png 
Lupa adalah kebiasaan yang paling membahayakan terutama didunia bisnis, coba bayangkan apabila kita adalah seorang pedagang didunia online misal kita lupa kirim barang yang uangnya sudah di transfer kepada pembeli, bisa berabe kalau si pembeli berwatak keras. Tidak hanya didunia bisnis pelupa memang terkadang bisa menggagalkan semua acara baik pada saat kuliah, dan lain sebagainya. Teman saya pernah mengalami lupa parah banget menurut saya, jadi dia pergi dari rumah bersama isterinya, terus isterinya menunggu di sebuah warung
karena temen saya ini akan mengambil barang yang banyak otomatis kendaraannya tidak muat untuk berdua akhirnya isterinya menunggu diwarung. Setelah berjam-jam menunggu ternyata suaminya tidak muncul-muncul hingga sampai sore ternyata temenku ini malah asik pulang sendirian tanpa sadar sedikitpun sampai dia ketiduran setelah sore dia bingung kok isterinya tidak ada dirumah dan ternyata eh ternyata dia teringat hp yang di silent itu banyak panggilan dan banyak sms marah-marah. Semoga anda tidak seperti itu. Terus ada lagi temen saya yang satu lagi dia hobi sekali telfon, suatu saat pada saat dia telfon dia mundar-mandir sambil telfon terus dia datang kepada temen satunya dan dengan pdnya bilang “lihat hpku tidak?” padahal hpnya sedang nempel di kuping, temen saya yang satunya itu malah pura-pura saja tidak tau terus dia meneruskan muter-muternya. Yang paling membahayakan kalau anda lupa tidak pakai celana. Makanya Pelupa adalah kebiasaan yang sangat serius harus diobati. Sebelum saya jelaskan mengenai tipsnya kita lihat dulu kebiasaan LUPA ini menurut penelitian.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


“Lupa” merupakan salah satu ciri berkurangnya kemampuan otak mengolah memori. Peneliti kini semakin yakin faktor utama penyebab kerusakan otak itu adalah stres yang tanpa disadari telah merusak otak. Hampir sebagian pasien yang datang ke dokter dalam keadaan demikian terdeteksi stres, tapi mereka tidak sadar. Stres yang berlebihan terbukti bisa merusak kemampuan mengingat otak. Meskipun demikian, peneliti mengatakan stres tetap diperlukan karena tanpa stres, seseorang tidak bisa merasakan apa itu bahagia. Namun beberapa studi menunjukkan bahwa stres yang berlebihan akan memicu hormon kortisol yang ternyata berpengaruh pada tes memori.
Peneliti dari University of Carolina melakukan studi dan mengatakan bahwa jika seseorang membiarkan stres dalam otaknya selama bertahun-tahun, akan mengalami pengurangan fungsi otak tanpa disadarinya. Sebanyak 100 partisipan yang mengikuti tes memori dalam studi membuktikannya. Partisipan diberi instruksi untuk mengingat nama orang, benda dan angka oleh peneliti. Dan ternyata hasilnya, mereka yang gagal dalam tes tersebut terdeteksi mengalami stres selama bertahun-tahun. Namun beberapa responden mengaku mereka tidak merasa stres. Kerusakan fungsi menyimpan memori dalam otak memang terjadi secara perlahan-lahan. Oleh karena itu, partisipan pun biasanya tidak tahu bahwa mereka sedang mengalami stres. Tapi kabar baiknya, kerusakan memori pada otak tersebut bersifat reversible dan bisa diperbaiki. Caranya yaitu dengan meningkatkan stimulasi otak sekaligus menurunkan level stres. Semakin banyak mengingat sesuatu, semakin banyak kapasitas otak untuk menyimpan informasi. Itu karena otak terdiri dari bermiliar-miliar sel saraf atau neuron. Kebanyakan dari sel ini hanya terapung apung di sekitar larutan garam di otak, menunggu untuk distimulasi sehingga bisa meneruskan atau menyimpan data. Sel-sel itu harus diaktifkan. Semakin banyak sel tersebut yang dihidupkan, semakin besar kemampuan otak mengolah data Jadi jangan ragu-ragu untuk melakukan olahraga otak. Mainkanlah sebuah permainan otak. Cobalah mengingat sepuluh jenis kartu permainan, sepuluh benda untuk belanja, atau sepuluh nama orang yang baru dikenal.

Diterbitkan di: 03 Nopember2009  


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dan untuk menghindari penyakit lupa ini yang paling besar pengaruhnya agar anda tidak lupa adalah [TIDAK LUPA] tapi bagaimana agar anda tidak lupa kalau pas janjian, meletakkan sesuatu, jadwal, dan nomer selingkuhan anda jangan sampai anda lupa memanggil atau lupa kirim sms ke selingkuhan [wkakwakwkakwka]. Baik berikut saya akan memberikan tipsnya namun jangan salahkan bunda mengandung kalau tips saya tidak berhasil.
  1. Pertama, bila anda adalah orang yang sibuk sebaiknya pada saat waktu luang anda membuat road map atau jadwal-jadwal atau memasang aplikasi didalam ponsel tentang jadwal-jadwal yang harus anda kerjakan, memang kalau tidak biasa terasa malas melakukan dari awal tapi kalau sudah terbiasa akan terasa enaknya kok.
  2. Biasanya hal ini kerap terjadi kepada pengobral janji [termasuk saya] ‘besok saya kesana” ‘besok saya datang” “tanggal sekian pasti sudah jadi” dll. Kata-kata seperti ini biasanya terjadi kepada teknisi komputer atau HP atau sejenisnya hal ini juga terjadi kepada mahasiswa. Dan untuk menghindari janji-janji yang tak pasti ini agar kita tidak dicap sebagai orang yang tidak bisa dipercaya adalah meminimalis janji artinya anda membuat analisis mengenai janji yang anda ucapkan misalnya teknisi komputer “jangan terlalu meremehkan penyakit didalam komputer” namun jangan lama-lama pula anda menyelesaikan pekerjaannya karena orang akan jenuh menunggu. Dan lain-lain intinya anda meminimalis janji itu saja yang harus dilakukan kalau bisa ya bilang bisa dan datang dan kalau tidak bisa ya bilang tidak biasa buatlah suatu keputusan yang bijak dan pasti. Jangan menunda-nunda.
  3. Kalau menurut saya sebenarnya kalau kita bermain dengan otak atau pikiran kita juga bermain dengan alam bawah sadar kita. Maksudnya coba anda kembali melihat dan sebentar merenung, contohnya pada saat puasa ketika malam setelah taraweh kita berniat ingin sahur pasti tanpa sadar kita terbangun yah itu semua karena kita telah mengatur pikiran atau alam bawah sadar kita (maind set) sehingga tanpa dibangunkanpun kita akan bangun. Dan sebenarnya kalau dalam hal apapun kita menerapkan metode tadi dalam setiap hal kita tidak akan lupa kecuali otak anda terlalu capek.
  4. Seperti tenaga kita ternyata otakpun juga harus dijaga agar tidak sering capek yang mengakibatkan anda stres berat hingga penyakit pikun kumat. Salah satunya dengan makan makanan yang bernutrisi terutama untuk otak. Selanjutnya adalah istirahat yang cukup, serta berolah raga yang cukup karena capek pikiran juga akan mengakibatkan badan terasa lemas. 
  5. Olah raga otak. Tidak hanya badan otak pun juga harus berolah raga salah satunya dengan belajar yang rutin dan belajar mengaktifkan otak kanan kita. Sudah tau kan kalau otak itu terbagi menjadi tiga yaitu otak kana dan otak kiri. Otak kanan lebih ke hal yang spontan sedangkan otak kiri lebih ke logika sedangkan otak tengah lebih ke alam bawah manusia biasanya yang mengaktifkan otak tengah ini adalah para pesulap dan orang yang suka dengan ilmu hipnotis.

Pelupa memang sering terjadi kepada siapapun entah itu tua muda bahkan anak kecil namun kalau kita mengatur atau [set main] otak kita maka hal-hal yang tidak kita harapkan jarang terjadi. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. 

“”sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat :HR Bukhori:”” 


Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
encun

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
9 Blogger Comments
Facebook Comments
Selasa, 11 September 2012 pukul 09.15.00 WIB ×

tips nya bisa dicoba nih, saya kadang sering lupa,hehe,,,

Balas
avatar
admin
Selasa, 11 September 2012 pukul 09.29.00 WIB ×

Iya gan ... harus dicoba agar tidak sering lupa ....

Balas
avatar
admin
Selasa, 11 September 2012 pukul 13.56.00 WIB ×

Yang paling tokcer adalah berteman dgn yg gak pelupa biar kl kita lupa nanti ada yg ngtingetin...xixixixixi (piissss ah)

Balas
avatar
admin
Selasa, 11 September 2012 pukul 15.37.00 WIB ×

bermanfaat banget buat aya yg pelua kelas berat,wkwkwk

Balas
avatar
admin
Senin, 17 September 2012 pukul 18.13.00 WIB ×

cocok ni tipsnya...soalnya saya sering lupa..
thank infonya gan..

Balas
avatar
admin
Selasa, 18 September 2012 pukul 11.40.00 WIB ×

wahhh tips yang sangat tepat nih mas...ane sering lupa.. makasih ya mas.. tipsnya...

Balas
avatar
admin
Anonim
Selasa, 02 Oktober 2012 pukul 15.33.00 WIB ×

terima kasih mas atas tipsnya

Balas
avatar
admin
Jumat, 19 Oktober 2012 pukul 12.19.00 WIB ×

nice banget mas infonyaa.. makasih XD

Balas
avatar
admin
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger