Penyakit Pasca Banjir dan Pencegahannya

Advertisement
Banjir akhir-akhir ini hampir melanda ke seluruh pelosok negeri, ada yang banjir parah, sedang dan ringan bahkan di daerah saya Kab. Kendal yang notabene tidak pernah banjir kini juga banjir karena air sungai bodri membludak dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi sering terjadi pekan ini akibatnya dimana mana banjir.

Tidak ada yang menginginkan banjir karena tidak hanya banjir yang membuat orang harus kerja ekstra bahkan tidak tidur karena takut hanyut akan tetapi dampak penyakit pasca banjir, seperti malaria, tifus, penyakit gatal, hepatitis A, dan penyakit-penyakit menular lain tak terkecuali penyakit kangker (kantong kering) karena banyak yang tidak bisa bekerja, tidak bisa panen karena tanaman terkena banjir dan tidak bisa kemana-mana karena banjir.

Faktor utama dari penyakit-penyakit diatas adalah air yang keruh ada dimana mana sehingga membuat nyamuk-nyamuk tumbuh dengan subur dimana mana, selain itu penyakit-penyakit yang terbawa oleh air banjir menyebabkan air untuk mencuci, memasak, mandi, menjadi kurang bagus. Mengkonsumsi air yang bersih harus diutamakan disaat banjir carilah air yang bersih dan memasak air hingga mendidih karena hal ini akan mengurangi resiko penularan penyakit yang terbawa oleh banjir.

Resiko resiko lain juga bisa timbul saat banjir melanda, misalkan perubahan prilaku manusia misalnya tidur di pengungsian atau perubahan habitat yang yang menyuburkan sarang nyamuk

Usahakan menghindari binatang-binatang seperti lalat dan nyamuk karena binatang-binatang ini membawa penyakit-penyakit diatas usahakan setelah banjir lingkungan anda benar-benar bersih tidak ada air yang masih ada di botol-botol kecil karena akan menjadi sarang nyamuk, buanglah sampah pada tempatnya dan pendam dalam tanah barang-barang yang memungkinkan sarang nyamuk.

Tindakan yang harus dilakukan dalam mencegah penyakit-penyakit itu timbul adalah, pertama air minum yang sehat seperti memasak air hingga mendidih, periksakan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat dan koordinasikan dengan dokter pencegahan-pencegahan yang harus dilakukan, hal ini yang sering tidak dilakukan oleh masyarakat dan menganggapnya sepele, kita harus "sedia payung sebelum hujan" atau "lebih baik mencegah daripada mengobati". 
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
author-photo Ahmad Roqib

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Ahmad Roqib Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger